Rabu, 06 Oktober 2010

SILABUS

SILABUS

Satuan Pendidikan : MTs Negeri Batu
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII/B
Tahun Ajaran : 2009/2010

Standar Kompetensi : 6. Menentukan unsur dan bagian lingkaran serta ukurannya.
Alokasi Waktu : 14 jam pelajaran (14 x 40 menit)
Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk Instrumen
6.1 Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran.


Lingkaran Membedakan lingkaran dan bidang lingkaran serta dapat menyebut-
kan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari,
diameter, busur, tali busur, juring dan tembereng menggunakan alat peraga. Membedakan lingkaran dan bidang lingkaran serta dapat
menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, juring, dan tembereng. Tes dan non tes Tes tertulis, tes pilihan ganda, dan tugas kelompok. 2 x 40 mnt Sumber belajar : Matematika konsep dan aplikasinya bab VII
Alat peraga : benda konkrit berbentuk lingkaran, penggaris, jangka, dan busur.


6.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran.
• Menentukan nilai π (phi) dengan menggunakan benda-benda konkret.
• Menugaskan kepada siswa untuk menghitung keliling dan luas bidang lingkaran.
• Menghitung besarnya perubahan luas jika jari-jari berubah.
• Menghitung panjang busur, luas juring, dan luas tembereng dengan menggunakan rumus. • Menentukan nilai π (phi)
• Menghitung keliling dan luas bidang lingkaran.
• Menghitung besarnya perubahan luas jika jari-jari berubah.
• Menghitung panjang busur, luas juring, dan luas tembereng. Tes dan non tes Tes tertulis, tes pilihan ganda, dan tugas kelompok. 7 x 40 mnt
6.3 Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring dalam penyelesaian masalah. • Menjelaskan pengertian sudut pusat dan sudut keliling suatu lingkaran.
• Mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama.
• Menentukan besar sudut-sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama. • Mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama.
• Menentukan besar sudut-sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama. Tes dan non tes Tes tertulis, tes pilihan ganda, dan tugas kelompok. 5 x 40 mnt


Standar Kompetensi : 7.Menentukan unsur dan bagian lingkaran serta ukurannya
Alokasi Waktu :6 jam pelajaran 6 x 40 menit)
Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk Instrumen
7.1 Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran.
Garis Singgung Lingkaran • Menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis yang melalui titik pusat dan garis singgung lingkaran menggunakan peragaan.
• Mengenali bahwa melalui satu titik pada lingkaran hanya dibuat satu garis singgung pada lingkaran tersebut.
• Melakukan bagaimana cara melukis dua garis singgung lingkaran yang melalui satu titik di luar lingkaran.
• Menyebutkan syarat kedudukan dua lingkaran: perpotongan, persinggungan, dan saling lepas.
• Melakukan bagaimana cara melukis garis singgung yang ditarik dari sebuah titik di luar lingkaran dan menghitung panjangnya.
• Melukis dan menghitung garis singgung perseku- tuan dalam dan garis singgung persekutuan luar dua lingkaran serta bagaimana cara menghitung panjangnya.
• Menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran yang berjari-jari sama dengan rumus.





• Menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis yang melalui titik pusat dan garis singgung lingkaran.
• Mengenali bahwa melalui satu titik pada lingkaran hanya dibuat satu garis singgung pada lingkaran tersebut.
• Membuat dan meng-gambar dua garis sing-gung lingkaran yang melalui satu titik di luar lingkaran.
• Menyebutkan syarat kedudukan dua ling- karan: perpotongan, per-singgungan, lepas.
• Melukis dan menghitung panjang garis singgung yang ditarik dari sebuah titik di luar lingkaran.
• Melukis dan menghitung garis singgung perseku-tuan dalam dan garis singgung persekutuan luar dua lingkaran.
• Menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran dengan rumus. Tes dan non tes Tes tertulis, tes pilihan ganda, dan tugas kelompok. 3 x 40 mnt Sumber belajar : Matematika konsep dan aplikasinya bab VIII

Alat peraga: Penggaris, jangka, dan busur.
7.2 Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga. Menugaskan siswa untuk melukis lingkaran dalam, lingkaran luar suatu segitiga serta menggambar lingkaran melalui tiga titik yang diketahui. Melukis lingkaran dalam lingkaran luar suatu segitiga serta melukis lingkaran melalui tiga titik yang diketahui. Tes dan non tes Tes tertulis, tes pilihan ganda, dan tugas kelompok. 3 x 40 mnt

Standar Kompetensi : :8.Memahami sifat-sifat kubus, balok, dan bagian-bagiannya serta menentukan ukurannya.
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran (16 x 40 menit)
Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk Instrumen
8.1 Mengidentifi-kasi sifat-sifat kubus, balok serta bagian- bagiannya. Kubus dan balok • Dapat mengenali dan menyebutkan bagian-bagian dari kubus dan balok, yaitu bidang, rusuk, diagonal bidang, bidang diagonal, serta diagonal ruang kubus dan balok. • Mengenal dan menyebutkan bidang, rusuk, diagonal bidang, bidang diagonal, serta diagonal ruang kubus dan balok. Tes dan non tes Tes tertulis, tes pilihan ganda, dan tugas kelompok. 2 x 40 mnt Sumber belajar : Matematika konsep dan aplikasinya bab VIII

Alat peraga: Benda konkret berbentuk kubus dan balok baik pejal maupun berongga, penggaris, kertas berpetak, kertas karton, kerangka kubus dan balok, serta gunting.
8.2 Membuat jaring-jaring kubus dan balok.
• Melakukan bagaimana cara melukis kubus dan balok.
• Menugaskan siswa untuk membuat jaring-jaring kubus dan balok. Membuat jaring-jaring kubus dan balok.
Tes dan non tes Tes tertulis, tes pilihan ganda, dan tugas kelompok. 3 x 40 mnt
8.3 Menghitung luas permukaan dan volume kubus dan balok. • Dapat membayangkan bahwa pengukuran pada: dimensi-1 adalah panjang saja. Pada dimensi-2 adalah panjang, lebar, dan perkalian panjang dan lebar (luas) serta penjumlahan panjang dan lebar (keliling). Pada dimensi-3 adalah panjang, lebar, tinggi, perkalian panjang dan lebar (luas alas), serta perkalian panjang, lebar dan tinggi (volume).
• Menghitung luas permukaan dan volume dari kubus dan balok secara teoretis.
• Menugaskan siswa membuat benda kubus dan balok. • Menentukan rumus luas permukaan kubus dan balok.
• Menentukan rumus volume dan menghitung volume kubus dan balok.
• Merancang kubus dan balok untuk volume tertentu.
• Menghitung besar perubahan bangun kubus dan balok jika ukuran rusuknya berubah.
• Menyelesaikan soal yang melibatkan kubus dan balok. Tes dan non tes Tes tertulis, tes pilihan ganda, dan tugas kelompok. 5 x 40 mnt


Standar Kompetensi : 9.Memahami sifat-sifat limas, prisma, dan bagian-bagiannya serta menentukan ukurannya.
Alokasi Waktu :10 jam pelajaran (10 x 40 menit)
Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk Instrumen
9.1 Mengidentifikasi sifat-sifat limas dan prisma serta bagian-bagiannya. Limas dan Prisma Tegak • Dapat mengenali dan menyebutkan bagian-bagian dari limas dan prisma, yaitu bidang rusuk, diagonal bidang, bidang diagonal, serta diagonal ruang.
Mengenal dan menyebutkan bidang rusuk, diagonal bidang, bidang diagonal, dan diagonal ruang pada limas dan prisma tegak. Tes dan non tes Tes tertulis, tes pilihan ganda, dan tugas kelompok. 2 x 40 mnt Sumber belajar : Matematika konsep dan aplikasinya bab IX
Alat peraga:
Kertas berpetak, penggaris, benda-benda konkret berbentuk limas dan prisma baik pejal maupun berongga, kertas
karton, gunting,
dan kawat.
9.2 Membuat jaring-jaring limas dan prisma.
• Melakukan bagaimanacara melukis limas dan prisma tegak.
• Menugaskan siswa untuk membuat jaring-jaring limas dan prisma tegak. • Melukiskan limas dan prisma tegak.
• Melukiskan jaring-jaring limas dan jaring-jaring prisma tegak. Tes dan non tes Tes tertulis, tes pilihan ganda, dan tugas kelompok. 3 x 40 mnt
9.3 Menghitung luas permukaan dan volume limas dan prisma.
• Dapat membayangkan bahwa besaran pada limas dan prisma tegak adalah luas alas, tinggi, perkalian luas alas dan tinggi (volume).
• Menghitung luas permukaan dan volume limas dan prisma tegak secara teoretis.
• Menugaskan siswa membuat benda limas dan prisma tegak untuk volume tertentu.
• Menghitung besar perubahan volume sebagai akibat perubahan rusuk.
• Mengenali benda-benda di sekeliling kita yang berbentuk limas dan prisma serta teknik menghitung volume/isi. • Menghitung luas permukaan limas dan prisma.
• Menentukan rumus volume dan menghitung volume limas dan prisma.
• Merancang limas dan prisma untuk volume tertentu.
• Menghitung besar perubahan bangun limas dan prisma jika ukuran rusuknya berubah.
• Menyelesaikan soal yang melibatkan limas dan prisma. Tes dan non tes Tes tertulis, tes pilihan ganda, dan tugas kelompok. 5 x 40 mnt

Malang,.....Februari 2010
Guru Pamong, Guru Praktikan,



( Laili Rahmawati, S.Pd )
NIP: ( Mukhtar AR )
NPM: 2060720034
Mengetahui,
Kepala MTs Negeri Batu



Sudirman ,S.Pd. MM
NIP: 196004041985031005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar