Rabu, 06 Oktober 2010

BAB V PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SEGITIGA SISWA KELAS VII A SMP ISLAM 02 PUJON TAHUN PELAJARAN 2007/2008

BAB V
PENUTUP

Pada bab ini akan dikemukakan sejumlah simpulan berdasarkan paparan data, hasil analisis data dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab IV. Selain itu juga akan dikemukakan beberapa saran yang perlu dicermati dalam penerapan pembelajaran menggunakan metode snowball throwing dengan penilaian portofolio.

5.1 Simpulan
Dari data yang diperoleh pada bab IV, maka penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut:
1) Pembelajaran menggunakan metode snowball throwing dengan penilaian portofolio dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VII A SMP Islam 02 Pujon Tahun Pelajaran 2007/2008 terhadap materi bangun datar segitiga. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata dari siklus I ke siklus II.
2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran yang menggunakan metode snowball throwing dengan penilaian portofolio meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan lembar observasi siswa pada siklus I kurang maskimal. Terlihat pada perhitungan presentase terhadap kualitas pembelajaran pada pengajaran siklus I mencapai 92%. Sedangkan pada pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 96%, sehingga dapat disimpulkan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yang baik dari siklus I ke siklus II.
3) Hasil belajar siswa melalui metode snowball throwing dengan penilaian portofolio sudah memenuhi SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimum) yang berlaku di sekolah, yaitu suatu kelas dikatakan tuntas belajar jika siswa yang mendapat nilai ≥ 65 lebih dari 75% dari jumlah siswa. Hal ini terlihat pada siklus II yang menunjukkan bahwa dari jumlah siswa yang tuntas lebih banyak dari pada siswa yang tidak tuntas dengan ditunjukkan presentase keberhasilan mencapai 86,05% dari 43 siswa.
4) Berdasarkan hasil wawancara terhadap 6 subyek penelitian ditemukan informasi bahwa pembelajaran menggunakan metode snowball throwing dengan penilaian portofolio positif, artinya siswa senang, aktif dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran.

5.2 Saran
Berdasarkan paparan data dan pembahasan, peneliti menyarankan kepada berbagai pihak, sebagai berikut:
1) Bagi lembaga
Lembaga yang bersangkutan hendaknya dapat membuat dan merumuskan kebijakan atau kurikulum yang tepat dan sesuai dengan kepribadian serta kecerdasan yang dimiliki oleh siswa.
2) Bagi guru matematika
Metode snowball throwing dengan penilaian portofolio dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa.
3) Untuk peneliti berikutnya
Disarankan agar lebih mengembangkan pembelajaran menggunakan metode snowball throwing dengan penilaian portofolio pada pelajaran lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar